?>

Kue Putu Legendariss – Pekanbaru

Rabu, Februari 15th 2023.

Putu adalah kue kukus tradisional yang berbahan dasar beras. Cemilan tradisional ini sampai sekarang masih bertahan sebagai salah satu jajanan anak sekolahan favorit masyarakat. Di Pekanbaru, Putu Bambu inilah yang paling terkenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Pekanbaru favorit pelancong.

 

 

-manfaat kue putu
Membantu menurunkan berat badan (diet) Manfaat dari cukup tingginya kandungan serat. Mengatasi dan meminimalkan terjadinya penyakit diabetes Manfaat dari cukup tingginya kandungan serat. Berdasarkan data Kemenkes RI (TKPI), setiap 100 gram “Kue putu singkong” mengandung 53,2 gram karbohidrat.

-Terbuatnya kue putu
Dange dibuat dengan proses mengeringkan sagu kemudian dihaluskan menggunakan tangan lalu dimasukkan kedalam cetakan yang telah dipanaskan terlebih dahulu kemudian dibakar diatas api berukuran sedang.

Kue putu ini umumnya dihidangkan dalam warna putih dan hijau. Sedangkan dalam varian Putu Bugis (berasal dari Sulawesi Selatan), biasanya kue dibuat menggunakan bahan seperti beras ketan hitam tanpa gula sehingga menghasilkan warna kue putu yang gelap cenderung hitam. Putu Bugis biasanya dimakan dengan taburan parutan kelapa dan sambal, serta hanya dijual pagi hari sebagai pengganti sarapan yang praktis. Melalui diaspora Jawa dan Bugis, kue putu juga dipopulerkan ke negara lain oleh orang Jawa dan Bugis, seperti ke Singapura dan Malaysia.

Dalam kejadian “puthu” diambil sekitar 1630 di Desa Wanamarta, Jawa Timur. Di dalam naskah tersebut kata puthu muncul saat Ki Bayi Panurta meminta santrinya menyediakan hidangan pagi. Dari hidangan tersebut terdapat puthu sebagai makanan pembuka atau camilan. Nama ini juga muncul dalam Serat Centhini sebagai salah satu kudapan yang ditulis pada 1814 di masa kerajaan Mataram.

Kini kue putu tidak hanya disajikan oleh penjual keliling. Banyak restoran dan rumah makan mewah yang menyajikan kue spesial ini. Bahkan, tak jarang beberapa restoran menghidangkan kue tersebut sebagai menu andalan mereka. Ternyata masih banyak orang yang menganggap bahwa kue putu bambu sama dengan kue putu ayyu. Padahal kedua kue ini memiliki beberapa perbedaan. Bahkan, kalau membahas asal-usul kue putu, beberapa orang yang keliru dan mengira bahwa kue putu bambu adalah inovasi dari kue putu ayyu. Kenyataannya, kue putu justru diciptakan oleh seorang pedagang kue putu di jawa timur. Itulah asal-usul kue putu yang sampai sekarang masih populer di Indonesia yang terkhususkan di kota Pekanbaru. Saat ini anda bisa mencoba kue putu dengan mudahnya tanpa harus membeli di restoran atau di jalanan makan lainnya. Anda sekarang bisa memesannya melalui Aplikasi gojek maupun shoppy food atau bisa datang lansung ke tempatnya

Lokasi: Simpang Jalan Melur – Jalan Cempaka, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Operasional: Senin – Minggu 17.00 – 23.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 5.000

 

                   ( R.D )

Rabu,15 – Februari – 2023

 

 

****TokoRiau.com****

Rp 3.850.000
Rp 12.000
Rp 8.500
Rp (Hubungi CS)
Rp 3.500
Rp 790.000