?>

Cara kerja Prosesor dan Fungsinya Pada komputer

Rabu, Februari 1st 2023.

Di dalam dunia teknologi dan serba cangih , pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “Processor” atau biasa di sebut dalam bahasa indonesia “prosesor” . Nah kali ini TokoRiau.com akan membahas tentang Pengertiannya, fungsinya dan juga cara kerja dari Prosesor itu sendiri.

 

 

Komputer adalah mesin yang dapat diprogram. Dua karakteristik utama dari sebuah komputer adalah: Ia menanggapi serangkaian instruksi tertentu dengan cara yang terdefinisi dengan baik, dan ia dapat mengeksekusi daftar instruksi yang telah direkam sebelumnya (sebuah program). Komputer menjalankan perintah secara berurutan, dengan data yang terus-menerus berpindah dari input dan memori ke prosesor perangkat. Melansir Makeuseof, secara keseluruhan, komputer bekerja dalam empat langkah:

  1. Input
    Input adalah data sebelum diproses. Ia berasal dari mouse, keyboard, mikrofon, dan sensor eksternal lainnya.
  2. Penyimpanan
    Penyimpanan pada komputer adalah bagaimana komputer menyimpan data input. Hard drive digunakan untuk penyimpanan data jangka panjang dan massal sementara kumpulan data untuk pemrosesan segera disimpan sementara di Random Access Memory (RAM).
  3. Pemrosesan
    Pemrosesan adalah tempat input diubah menjadi output. Central Processing Unit (CPU) komputer adalah otaknya. Ini bertanggung jawab untuk mengeksekusi instruksi dan melakukan operasi matematika pada data input.
  4. Output
    Output adalah hasil akhir dari pengolahan data. Itu bisa apa saja dari gambar, video, atau konten audio, bahkan kata-kata yang diketik menggunakan keyboard. Seseorang juga dapat menerima output melalui printer atau proyektor, bukan langsung melalui perangkat.

 

Processor (Prosesor) Pada Komputer :

sebagaimana Pengertian Processor adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengontrol sistem komputer dan juga menjalankan instruksi. Jadi Processor ini bisa dikatakan juga sebagai Otak Komputer atau sering disebut CPU (Central Processing Unit) yang mana bentuk hardwarenya adalah berupa Chip IC (Integrated Circuit).

  • fungsi prosesor
    Letak dari perangkat keras Processor ini berada di Motherboard yang dipasang dengan socket khusus agar bisa dilepas/pasang, sehingga memudahkan saat ingin dibersihkan ataupun jika terjadi kerusakan mudah untuk diganti dengan processor baru yang tentunya satu tipe socket-socketnya. Komputer tidak akan bisa hidup / menyala ketika anda tidak memasang Processor pada socket yang tersedia dimotherboard.
  • Fungsi Processor
    Fungsi yang utama dari Processor ini adalah menjalankan proses masuknya informasi pada sebuah komputer.
  • Menciptakan sistem komputer untuk mengintegrasikan perangkat keras (hardware) yang terhubung di komputer agar bisa menghasilkan output yang maksimal. Adapun perangkat keras tersebut adalah Harddisk, RAM, VGA, Soudcard, Landcard dan yang lainnya.
  • Processor bisa memastikan komponen hardware (perangkat keras) bekerja sesuai fungsinya.
  • Sebagai identitas kinerja dari komputer. Jika processor yang digunakan memiliki kualitas dan spesifikasi yang bagus, maka semakin bagus juga performa dari komputer tersebut. Tetapi itu juga harus didukung depan komponen / perangkat keras lainnya yang berada pada level yang sama.
  • Mengolah Alogaritma untuk menjalankan perintah yang masuk.
  • Mampu menjaga stabilitas perangkat keras yang sudah terintegrasi. Seperti bisa mencegah terjadinya kelebihan arus listrik / over voltage.

Demikianlah pembahasan tentang, cara kerja dan fungsi dari processor di komputer. Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya mengenai Processor di artikel selanjutnya.

 

 

 

              ( R.D ) 

 

Rabu, 01 Februari 2023 

 

 

 

 

 

****TokoRiau.com****

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp 5.750
Rp 185.000
Rp 3.500.000
Rp 900.000