?>

6 Cara Memperbaiki Keyboard Yang Tidak Berfungsi Sama Sekali.

Senin, Januari 30th 2023.

Pada umumnya laptop memang memiliki risiko lebih tinggi untuk rusak. Saat ada bagian yang tidak berfungsi, penggunanya juga tidak bisa sekadar mengganti salah satu bagian yang rusak saja seperti komputer. Karena itu, usahakan untuk menggunakan laptop dengan cara yang tepat dan hindari melakukan kebiasaan yang mampu merusak laptop. Seperti, membiarkannya kotor atau terkena debu, makan maupun minum di dekat perangkat, menaruh benda berat, menekan tombol keyboard terlalu keras, dan sebagainya. Nah, di sini saya akan memberi tips memperbaikinya .

 

 

1. Cek Pengaturan pada Keyboard
Masalah pada keyboard laptop bisa bermacam-macam, misalnya adalah mengetik sendiri dan tidak sesuai jumlah huruf yang ditekan pada tombol keyboard. Saat mengalami masalah ini, sobat bisa mengatasinya dengan mengecek pengaturan pada keyboard. Caranya dengan pergi ke menu Start dan pilih Control Panel.

Lalu, pilih opsi Ease of Access, dan pilih opsi Make the keyboard easier to use. Kemudian, pilih setup filter key, dan klik Uncheck All. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, cek apakah masalah yang terjadi pada keyboard laptop sudah teratasi atau masih ada.

2. Lakukan Perbaikan pada Driver Keyboard
Hal lainnya yang bisa menjadi penyebab keyboard laptop tak bekerja dengan baik adalah terjadinya error pada drivernya. Pemicunya bisa beragam, seperti, virus, atau masalah pada software dan aplikasi tertentu.

Untuk memperbaikinya, kamu perlu mengeceknya pada Device Manager untuk bagian keyboard. Jika terlihat ada tanda segitiga berwarna kuning, artinya driver keyboard memang sedang bermasalah. Download dan pasang driver baru melalui situs resmi dari merek laptop untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Cek Fungsi Num Lock
Saat tombol ini aktif tanpa disadari, bagian keyboard yang utama akan terkonversi menjadi keypad numerik atau angka. Biasanya, ketika Num Lock diaktifkan, beberapa bagian keyboard tak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk mematikannya, kamu perlu menekan tombol Fn serta Num Lock bersamaan. Namun, masalah ini hanya terjadi pada jenis laptop tertentu saja.

4. Restart Laptop
Jika masalah di atas bukan penyebab keyboard laptop bermasalah, cara lainnya yang bisa dilakukan adalah merestart perangkat. Mematikan dan menghidupkan kembali laptop komputer memang menjadi hal yang paling umum dan mudah dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah pada perangkat tersebut. Apabila cara restart biasa tidak bekerja, Sobat dapat mematikan paksa laptop dengan cara tekan tombol power dan menahannya beberapa detik.

5. Ganti Keyboard Bawaannya
Saat memastikan bahwa semua cara di atas tak mengatasi masalah, mungkin langkah selanjutnya yang perlu Sobat lakukan adalah mengganti keyboard bawaannya.Sobat bisa dengan mudah membelinya di toko online atau tempat service laptop dengan menyesuaikan merek dan juga tipe laptop. Untuk menggantinya sendiri, ada banyak tutorial di internet yang bisa dijadikan sebagai rujukan. Seperti, Youtube atau situs yang membahas komputer.

6. Gunakan Keyboard On-Screen
Bagaimana jika keyboard masih tidak berfungsi dengan baik padahal harus tetap menggunakannya? Untuk sementara waktu,Sobat bisa memanfaatkan fitur keyboard on-screen yang umumnya tersedia di hampir semua jenis laptop. Untuk menggunakannya, Sobat dapat pergi ke menu Start, pilih Program, Accessories, lalu Accessibility, dan klik On-Screen Keyboard.

Dengan menggunakan fitur tersebut, dalam layar laptop akan muncul layout keyboard yang bisa digunakan untuk mengetik. Caranya adalah dengan mengkliknya menggunakan mouse atau touchpad. Terkesan ribet dan tak fleksibel memang, namun cara ini bisa selalu digunakan di saat darurat.

Demikian 6 cara memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi sebagian. Bila keempat cara tersebut belum berhasil, segera periksakan pada ahlinya agar dapat ditangani dengan tepat. usahakan untuk menanyakan penyebab keyboard laptop rusak pada pihak teknisi dan cara agar hal tersebut tak lagi terjadi. Dengan begitu, keyboard tidak akan mudah rusak dan tak menyusahkan Sobat kembali.

 

 

 

            ( R.D )

 

Senen, 30 Januari 2023

 

 

 

****TokoRiau.com****

Rp 150.000
Rp 2.000.000
Rp 11.500
Rp 1.200.000
Rp 2.600.000
Rp 1.950.000