?>

6 Cara Mempercepat jaringan Wifi !

Jumat, Februari 10th 2023.

Menurut Ensiklopedia Britannica, Wi-Fi adalah teknologi jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk memungkinkan transfer data berkecepatan tinggi melalui jarak pendek. Biasanya Wi-Fi digunakan untuk menyediakan akses Internet broadband nirkabel untuk berbagai perangkat. WiFi memungkinkan kamu menghubungkan banyak perangkat melalui satu jaringan. Kamu pun tidak perlu menggunakan data ponsel untuk mengakses internet. Penggunaannya mudah, dapat terkoneksi di area yang cukup luas tanpa kabel panjang yang merepotkan. Tapi, apa jadinya bila kamu menggunakan WiFi namun koneksinya lamban? Kamu perlu ketahui cara mempercepat koneksi WiFi dengan mudah.

1. Melakukan Speed Test

Cara lain selanjutnya yang bisa digunakan untuk mempercepat koneksi internet ialah dengan melakukan speed test. Sebagai informasi, speed test adalah cara untuk mengukur kecepatan di antara perangkat kamu dan server uji ketika menggunakan koneksi internet.Dengan melakukan speed test, kamu bisa mengetahui letak masalah koneksi, sehingga pengguna dapat mencari solusi untuk mempercepat koneksi WiFi.

2. Ubah Pengaturan QoS

QoS adalah salah satu komponen yang ditanamkan pada sistem OS Windows 8 ke atas. Adanya fitur tersebut bisa memungkinkan pengguna untuk mengatur sendiri lebarnya jatah pita internet untuk kebutuhan pengguna. Berikut cara untuk mengaktifkan QoS, di antaranya:

Klik ‘Start’ dan ‘Run’ pada kolom yang tersedia
Kemudian, ketik ‘gpedit.msc’
Pada pilihan Local Computer Policy, pilih opsi ‘Computer Configuration’ dan ‘Administrative Templates’
Lalu, pilih ‘Network’ dan pilih ‘QoS Packet Scheduler’
Lakukan double click pada opsi ‘Limit Reservable Bandwidth’
Klik menu ‘Enable’ dan masukkan nilai 0 pada kolom ‘Bandwidth limit’Tekan tombol ‘Apply’Menyalakan ulang komputer

3. Muat ulang router

Memuat ulang perangkat adalah cara terkenal yang berfungsi memperbaiki banyak situasi, termasuk untuk mengatasi koneksi WiFi yang lambat.Kamu hanya perlu mematikan router selama 10-15 detik dan menyalakannya kembali. Kebanyakan router mempunyai saklar turn off di bagian belakang. Tapi kamu juga bisa mencabut adaptor untuk memutus daya dan mematikannya.

Setelah proses memuat ulang selesai (tunggu minimal satu menit), cobalah WiFi kembali dan lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum. Jika koneksi WiFi tidak menunjukkan perbedaan, kamu juga bisa memuat ulang perangkat yang terhubung ke WiFi-mu.Terkadang, perangkat yang terhubung ke WiFi berpotensi menjadi penyebab masalah pada WiFi. Jadi, kamu bisa mempercepat koneksi WiFi dengan cara memuat ulang perangkat mu yang terhubung ke WiFi.

4. Periksa perangkat yang menggunakan WiFi

Bandwidth total jaringan WiFi dibagi antara perangkat yang terhubung. Program berat bandwidth apa pun yang berjalan pada satu perangkat akan mempengaruhi kecepatan internet pada perangkat lain.Biasanya, browsing web tidak memiliki efek besar. Namun, menggunakan WiFi untuk bermain game, nonton streaming video, atau mengunduh file besar pada perangkat dapat secara drastis mempengaruhi bandwidth jaringan perangkat lain.

Jadi, pastikan tidak ada perangkat yang menggunakan jaringan WiFi untuk bandwidth konten berat. Selain itu, kamu dapat memutuskan koneksi perangkat yang tidak aktif seperti smartphone yang tidak digunakan.Hal tersebut perlu dilakukan karena aplikasi background-nya mungkin masih menggunakan bandwidth bahkan ketika layar dimatikan.Tak hanya itu, jika jaringan WiFi-mu masih terpasang untuk publik, kamu juga bisa mencegah orang asing menggunakan jaringan WiFi-mu dengan cara mengganti password WiFi.

5. Rutin mengganti password

Mempercepat koneksi WiFi bisa diatasi dengan rutin mengganti password. Pasalnya, perlu diketahui bahwa password WiFi merupakan langkah untuk terhindar dari oknum-oknum yang menumpang untuk menggunakannya secara gratis.Apabila WiFi digunakan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab, hal tersebut dapat menyebabkan sinyal yang dihasilkan semakin terbagi. Akibatnya, koneksi WiFi pun menjadi lebih lambat dari biasanya.

6. Gunakan wireless range extender

wifi booster wireless range extender TP-Link Wireless Range Extender (WiFi Booster). Foto: tp-link.com
Kadang kala kamu akan mendapati koneksi yang lamban di beberapa lokasi rumah, khususnya yang bertempat di pojok dan/atau terhalang banyak objek. Tempat yang terpencil dan terhalang banyak benda akan membuat sinyal WiFi sulit menggapai perangkat yang kamu gunakan.Untuk itu, kamu membutuhkan perangkat bernama wireless range extender. Peranti ini memiliki fungsi untuk memperpanjang koneksi WiFi ke kamar atau lokasi yang terletak jauh dari router.

Nah, itulah tadi 5 remondasi motor yang lebih irin dan elegan buat sobat sekalian yang membeli sepeda motor alah baik nya memilih motor yang lebih ringan dan aman buat di kendarai buat anak mau pun buat ngojek . bagi anda yang ingin membeli sepeda motor pekanbaru bisa hubungi nomor di bawah ini.!!!

Nah , itulah artikel 6 Cara Mempercepat jaringan Wifi , jika tidak mau dengan cara itu segeralah laporkan ke Teknisi wifi terdekat anda.terimakasih telah membaca artikel ini ,semoga bermanfaat

 

jum’at ,10 – Februari – 2023

 

 

 

**** Tokoriau.com****

 

Rp 95.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 350.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 280.000
Rp 4.000