?>

Perbedaan Jaringan 5G dan Jaringan 4G yang Harus Anda Ketahui Agustus 2022

Senin, Agustus 29th 2022.

Dizaman era digital ini , jaringan memang sangat di perlukan untuk berbagai keperluan , dan jaringan sejak dahulu selalu berkembang sehingga sampai saat ini jaringan yang paling cepat yaitu jaringan 4G, namun sejak tahun 2020 sudah mulai di rilis jaringan terbaru yaitu jaringan 5G, dimana tentunya dikenal dengan jaringan yang lebih cepat dan lebih mutakhir , yah meskipun hingga saat ini jaringan yang masih di gunakan yang paling cepat adalah jaringan 4G, dan jaringan 5G masih dalam tahap pengembangan.

Disini kita akan membahas tentang perbedaan dari sebuah jaringan agar kita bisa tahu nih apa sih bedanya dari jaringan 4G dan 5G , kenapa namanya jadi 5G dan tentunya yang terbesit dari pikiran kita Karena angkanya yang meningkat pastinya yang kita harapkan kecepatan jaringanya bakalan jadi lebih cepat dong , tetapi berapa sih perbedaan kecepatan yang di berikan ? yuk simak baik-baik ya.

Jaringan 4G sudah lama menemani kita sejak tahun 2010 hingga sekarang, dan memang jaringan 4G di percaya cukup cepat untuk kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari walaupun terkadang juga masih suka lambat lag dan sebagainya tetapi masih worth it untuk digunakan, namun mungkin kelak kita juga akan beralih dengan jaringan 5G yang di kenal dengan jaringan yang lebih cepat.Oiya ,Bagi anda yang ingin mempromosikan produk anda namun bingung ingin promosikan dimana ,Tokoriau.com adalah solusinya dengan biaya promosi gratis maka rasakan produk anda menjangkau banyak orang CP Admin aja! (082370971110).

Pada Aspek Latensi menjadi salah satu kelebihan 5G dibanding 4G. Latensi dalam jaringan 4G saat ini diperkirakan sekitar 50 ms, sementara jaringan 5G diperkirakan bisa menyusut menjadi 1 ms dimana tentunya sangat kencang sekali bukan, sudah terasa seperti jaringan wifi. Dengan latensi yang rendah dan semakin kecil angkanya, pengguna dapat menggerakan perangkat dari jarak jauh secara real-time, dengan pemrosesan data dan perintah lewat Cloud dan tentunya jaringan yang diberikan jadi lebih cepat.

Pada Segi Bandwidth atau lebar pita.Jaringan 5G memiliki bandwidth yang lebih besar daripada 4G. Ini dimungkinkan karena 5G menggunakan spektrum atau frekuensi radio yang lebih lebar dibanding 4G. 5G bisa beroperasi pada spektrum tinggi (mmWave) antara 30 GHz hingga 300 GHz. Sementara itu, rentang spektrum yang dipakai pada 4G lebih sempit, yaitu berkisar antara 600 MHz hingga 2,5 GHz.

Namun Cakupan wilayah 5G umumnya masih tersedia hanya pada beberapa kota besar. Di Indonesia sendiri, cakupan wilayah 5G masih terbatas pada beberapa wilayah di kota besar seperti, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan sebagainya. Berbeda dengan 4G yang sudah hadir di berbagai wilayah di luar kota besar. Jadi memang jaringan 5G belum bisa di gunakan dalam banyak wilayah karena masih dalam pengembangan, yang mungkin masih membutuhkan waktu yang panjang sampai semua orang bisa benar-benar menggunakan jaringan 5G ya.

Secara teknis, 4G memiliki kecepatan akses internet maksimal bisa mencapai 50 Mbps hingga 100 Mbps. Dengan hadirnya 5G, kecepatan akses internet tersebut berhasil dilampaui sekitar 100 kali lipat jadi 10 Gbps.

Dalam segi aspek kecepatan akses internet sering menjadi perbincangan utama terkait spesifikasi fitur 5G yang bisa membedakan dengan 4G. Jaringan 4G saat ini dapat mencapai kecepatan tertinggi hingga 100 Mbps, meskipun kinerja umumnya berada pada angka 35 Mbps. Sementara itu, 5G secara teknis dibekali kecepatan hingga 10 Gbps, namun untuk pemakaian umum kini masih berada pada angka 50 Mbps hingga 3 Gbps.Jadi sudah di klaim memang jaringan yang di berikan pada jaringan 5G akan jauh lebih cepat dari 4G.

Nah begitulah Informasi tentang perbedaan tentang jaringan 5G dan jaringan 4G yang hadir di dunia bahkan di indonesia , dimana memang di klaim jaringan 5G jauh lebih cepat kecepatan sinyalnya dari pada 4G , namun hingga sekarang untuk jangkauan penggunaan wilayah Jaringan 5G Masih sangat kecil, sehingga masih susah untuk menggunakan jaringan 5G ini, mungkin memerlukan waktu yang lama agar jaringan 5G bisa menjangkau ke banyak tempat, semoga bermanfaat ya.

(L.Ahm)

Senin, 29 Agustus 2022

Rp 299.000
Rp 5.000
Rp 950
Rp 280.000
Rp 6.250
Rp (Hubungi CS)