?>

Tips Hidup Sehat Dengan Mengatur Asupan Kebutuhan Kalori Sehari-hari

Senin, September 5th 2022.

Pernahkah terlintas di pikiran anda tentang “ Berapa banyakkah kalori yang manusia perlukan dalam 1 hari atau tiap harinya ?” karena sebenarnya manusia itu memerlukan kalori untuk bekerja dan melakukan berbagai aktivitas dan pekerjaan sehari-hari , namun di samping hal itu juga ada batas minimum kalori yang di perlukan dalam tubuh kita pada 1 hari penuh itu dimana kalori tersebut harus dipenuhi, jika kita kekurangan kalori tersebut maka tubuh kita tidak akan bekerja secara maksimal, namun jika kekurangan atau kelebihan kalori juga tubuh kita akan bisa jadi sakit , obesitas atau kelebihan berat badan (gemuk).

Nah oleh sebab itu kita harus memperhatikan berapa sih angka kalori yang paling tepat untuk kita isi dan konsumsi dalam 1 hari penuh agar kita jadi tidak salah dalam memilih makanan dan asupan gizi yang harus kita konsumsi, dan tentunya agar hidup kita jadi lebih sehat , disini kita akan membahas berapa angka kalori yang paling tepat untuk manusia dalam sehari-hari , karena kalori itu sangat diperlukan tubuh untuk mengambil energy dari kalori , dan akhirnya akan jadi asupan tenaga agar kita kuat untuk beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Disini kita akan mempelajari berapa batas kalori untuk kita dan belajar untuk hidup sehat agar kita bisa beraktivitas dengan baik dan mantap.Oiya ,Bagi anda yang ingin mempromosikan produk anda namun bingung ingin promosikan dimana ,Tokoriau.com adalah solusinya dengan biaya promosi gratis maka rasakan produk anda menjangkau banyak orang CP Admin aja! (082370971110).

Kebutuhan kalori tiap individu berbeda-beda tentunya karena tubuh manusia juga beda-beda kan, tergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi badan dan berat badan, serta tingkat aktivitas yang dilakukan individu tersebut jika aktivitasnya tidak terlalu berat maka kalori yang diperlukan hanya sedikit dan tidak terlalu banyak, namun jika aktivitasnya berat seperti pekerjaan berat layaknya kuli bangunan di pt atau pekerjaan lainnya tentunya memerlukan kalori yang lebih banyak. Seperti dilansir laman Cleveland Clinic, orang dewasa berusia 21 tahun ke atas dianjurkan untuk mengonsumsi antara 1.600-3.000 kalori per hari agar kuat dalam beraktivitas.

Pada umumnya, laki-laki dan wanita dewasa memiliki jumlah kebutuhan kalori yang berbeda karena memang fisiknya juga berbeda. Jika di dalam rata-rata pada satu hari penuh, wanita membutuhkan sekitar 2.000 kalori, sedangkan laki-laki sampai 2.500 kalori jadi laki-laki lebih banyak membutuhkan kalori. Namun, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda tergantung pada bobot tubuhnya jadi memang harus di hitung secara baik-baik terlebih dahulu.

Anda tidak perlu bingung lagi untuk menghitungnya, di bawah ini adalah rumus untuk menghitung kalori yang di butuhkan dengan hitungan Basal Metabolic Rate (BMR) beserta tingkatan kegiatan/aktivitas fisik harian seseorang agar anda dapat lebih mudah dalam menghitung kalori anda. Rumus ini dihitung berdasarkan:

1.Usia

2.Jenis kelamin

3.Berat badan

4.Tinggi badan

Berikut adalah rumus-rumusnya

·Rumus menghitung kalori laki-laki: (88,4 + 13,4 x massa tubuh dalam KG) + (4,8 x tinggi badan CM) – (5,68 x Umur)

·Rumus menghitung kalori perempuan: (447,6 + 9,25 x massa tubuh dalam KG) + (3,10 x tinggi badan CM) – (4,33 x Umur)

Setelah mengetahui hasil hitungan BMR tersebut, Anda perlu mengkalikannya dengan angka aktivitas harian Anda yang biasa di lakukan dalam kehidupan sehari-hari (biasanya di kisaran 1,2 sampai 1,9) semakin rendah aktivitas hariannya berbanding lurus dengan rendah angkanya. Nah, hasil dari angka pengkalian angka BMR dan angka aktivitas fisik tersebut yang akan menjadi jumlah kalori harian yang idealnya Anda penuhi, sehingga anda akan tau berapa sih kalori yang anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari

Nah begitulah cara menghitung dan berapa kali yang anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari, jadi jangan sampai kekurangan kalori ataupun kelebihan kalori lagi ya kita harus bisa untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap fit dan selalu sehat sehingga bisa menjalankan kehidupan sehari-hari dengan baik dan tubuh sehat jauh dari penyakit yang dapat membahayakan kita, semoga bermanfaat.

(L.Ahm)
Senin,5 September 2022
Rp 15.200.000
Rp 2.300
Rp 15.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 4.550.000
Rp 5.000